Menemukan Artikel Berita Lama di Internet


Feb 19, 2011 by masbin Under FUN, Tips & Trik - Leave a Comment  
Menemukan Artikel Berita Lama di Internet Image
Masih ingat zaman banyak orang yang mempunyai hobi kliping artikel, hmm, memang sangat berguna kalau kita punya koleksi artikel berita di masa lampau, entah hanya untuk sekedar nostalgia atau untuk keperluan penelitian dan penelusuran sejarah. Sementara di masa lampau, kita perlu untuk mengunjungi perpustakaan umum untuk mengumpulkan kembali artikel-artikel lama yang tersebar di media-media cetak, dan mungkin 1  perpustakaan tidak mempunyai koleksi yang lengkap seperti yang kita inginkan.
Era digitalisasi dan Internet telah memudahkan pencarian artikel lama, sehingga pencarian bisa dilakukan dengan beberapa klik dan artikel tersebut tersedia di depan kita serta dapat dinikmati sambil menikmati minuman hangat di pagi hari Menemukan Artikel Berita Lama di Internet Image

Berikut ini adalah beberapa tempat di Internet , dimana anda dapat menemukan artikel berita di masa lampau :
  1. Google News Archive. Arsip berita google news ini adalah hasil scan google untuk sebagian besar media cetak besar di masa lampau. Walaupun isinya adalah hasil scan, dengan teknologi OCR anda dapat melakukan pencarian terhadap hasil scan dengan kata kunci tertentu. Seperti hasil dibawah ini ketika saya mencari berita tentang presiden kita di masa lalu.
    Menemukan Artikel Berita Lama di Internet Image
    google news archive
  2. Newseum. Mungkin dari kata News+Museum, website ini mengkoleksi lebih dari 800 media koran di seluruh dunia dan diperbaharui setiap hari. Website ini juga mengkoleksi arsip berita untuk kejadian penting seperti serangan 11 September.
  3. Google Books. Selain arsip berita, google juga mempunyai koleksi majalah dan buku-buku lama.
  4. The Olden Times. Website ini memuat arsip kejadian-kejadian sejarah penting dari tahun 1788 and 1920. Walaupun tidak mengkoleksi semua media koran namun memiliki pengumuman -pengumuman hari lahir dan kematian untuk orang-orang terkenal.
  5. Wayback Machine. Web yang mempunyai arsip halaman untuk hampir semua halaman internet ini bisa dimanfaatkan untuk mencari berita lama. Masukkan saja alamat web berita (seperti kompas.com) dan pencet tombol “take me back”, maka anda akan dibawa ke pilihan tahun dan tanggal dimana halaman web berita tersebut dimuat.
Nah,begitu mudah bukan. Saya jadi iri dengan anak sekolah zaman sekarang, begitu mudah dan dimanjakan dengan internet untuk membuat tugas sekolah, makalah, penelitian, skripsi dan sebagainya

Read more: http://blog.fastncheap.com/menemukan-artikel-berita-lama-di-internet/#ixzz1OVAv7fGa

Hey Rangga

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar